Penyebab Bau Keputihan pada Wanita dan Tips Perawatannya | Klinik Apollo Jakarta

Posted by Luciana Septha 22 days ago (https://klinikapollo.net/penyebab-bau-keputihan-pada-wanita-dan-tips-perawatannya/)

Description: Klinik Apollo – Keputihan adalah kondisi alami pada wanita, namun untuk bau keputihan yang tidak sedap dapat menimbulkan kekhawatiran dan merusak rasa percaya diri seseorang. Karena keputihan itu sendiri melibatkan keluarnya cairan dari vagina wanita. Dan artikel ini akan membahas penyebab bau keputihan, gejala yang mungkin terkait, dan tips perawatan untuk mengatasi masalah ini.

>> Konsultasi Online Gratis di Sini <<

Penyebab dan Gejala Bau Keputihan

Sebelum Anda melakukan pengobatan, sebaiknya kenali penyebab maupun gejalanya terlebih dahulu. Guna memudahkan proses pengobatan selanjutnya. Karena biasanya yang akan ditangani di awal adalah penyebabnya dahulu. Untuk itu penyebabnya dapat meliputi:

1.Infeksi bakteri atau jamur

Untuk infeksi bakteri seperti bakteri vaginosis (BV) atau infeksi jamur seperti kandidiasis dapat menyebabkan perubahan bau keputihan.

2.Infeksi menular seksual (IMS)

Perihal infeksi menular seksual (IMS) seperti trikomoniasis, gonore (kencing nanah), atau klamidia dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.

3.Perubahan hormonal

Mengenai perubahan hormon selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat memengaruhi bau keputihan.

4.Pemakaian produk kimia

Penggunaan sabun atau produk perawatan pribadi dengan bahan kimia keras dapat mengubah pH vagina dan menyebabkan bau tidak sedap. Setelah penyebabnya diketahui, kemungkinan penting juga mengetahui gejala yang terkait. Anda dapat memperhatikan setiap gejala yang muncul. Anda dapat melakukan deteksi dini pada diri sendiri atau dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli ginekologi. Untuk gejalanya itu sendiri dapat meliputi:

1.Bau yang tidak sedap

Salah satu gejala utama adalah adanya bau yang tidak biasa atau tidak sedap pada keputihan.

2.Gatal atau iritasi

Infeksi atau perubahan pH dapat menyebabkan gatal atau iritasi pada area genital.

3.Perubahan warna atau konsistensi keputihan

Untuk perubahan warna atau konsistensi keputihan juga dapat menjadi tanda adanya masalah.

>> Konsultasi Online Gratis di Sini <<

Tips Perawatan untuk Mengatasi Bau

Ada banyak tips dalam merawat kondisi ini. Salah satunya dengan menjaga kesehatan pribadi. Selain itu selalu lakukan pemeriksaan medis dengan dokter ahli ginekologi di klinik. Karena dengan pemeriksaan, dokter ahli ginekologi dapat mengetahui kondisi Anda sejak ini. Dan tips yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga dan melindungi kondisi ini dapat meliputi:

1.Konsultasi dengan profesional kesehatan

Jika bau keputihan menjadi masalah, konsultasikan dengan dokter ahli ginekologi untuk diagnosis yang akurat dan pengobatan yang sesuai.

2.Praktik seksual aman

Menggunakan kondom (pengaman atau pelindung) dapat membantu mencegah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan bau keputihan.

3.Hindari produk kimia agresif

Pilih produk perawatan pribadi yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras.

4.Ganti pakaian dalam secara teratur

Mengganti pakaian dalam setidaknya sekali sehari dapat membantu menjaga kebersihan dan mencegah pertumbuhan bakteri.

5.Hindari douching

Douching atau membersihkan vagina dengan cairan tertentu sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri alami.

6.Konsumsi probiotik

Probiotik dalam makanan atau suplemen dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam vagina. Bau keputihan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan dan kebersihan. Penting untuk memahami penyebabnya dan melakukan langkah-langkah perawatan yang tepat. Jika bau keputihan terus berlanjut atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, segera berkonsultasi dengan dokter ahli ginekologi untuk evaluasi lebih lanjut. Segera hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 0812-1230-6882 atau kunjungi kontak kami di website untuk informasi lebih lanjut.

Category: Health & Fitness

Tag: Keputihan

Share